PureChat

peluang usaha

Sabtu, 12 Januari 2013

SEO (Search Engine Optimization)

SEO

SEO adalah kependekan dari Search Engine Optimization, suatu teknik agar website yang kita buat mudah ditemukan melalui search engine seperti Google.

Internet merupakan media yang paling murah, efektif dan cepat dalam menyampaikan informasi. Media lain brosur misalnya harus melakukan aktivitas cetak dan kirim secara fisik. Untuk media televisi biayanya sangat besar, dan hanya beberapa detik saja.

Dengan internet kita cukup membayar internet, membuat website, mengupdate isinya. Namun meskipun demikan itu tidak berarti apa-apa jika kita website kita tidak dikunjungi orang. Oleh karena itu kita harus berusaha supaya web kita dikunjungi orang. Cara yang paling efektif mendatangkan pengunjung adalah melalui search engine Google. Inilah yang disebut Search Engine Optimization.

Langkah awal SEO adalah memilih domain yang sesuai dengan bisnis anda.

Langkah kedua adalah rencanakan isi website anda.

Langkah ketiga adalah membuat website yang secara teknis mendukung SEO. Hubungilah web developer yang mempunyai kemampuan ini.

Langkah keempat bangun content website anda, pastikan ada fasilitas penambahan News dan Articles.

Langkah kelima lakukan riset keyword apa yang banyak dipakai pengunjung. Untuk riset ini silahkan mengunjungi ke https://adwords.google.com/select/KeywordToolExternal

Langkah keenam buat artikel-artikel dengan judul dan content mengenai keyword-keyword tersebut. Tentunya keyword-keyword ini harus berhubungan dengan bisnis anda. Buat juga artikel-artikel lain yang mendukung/berhubungan dengan artikel kelima. Ini untuk memperkaya website anda.

Langkah ketujuh sering-seringlah mengunjungi www.prowebpro.com untuk menambah wawasan anda mengenai SEO, bagaimana memanfaatkan search engine untuk promosi produk dan jasa anda.

Mengapa Harus Muncul di Halaman Pertama Hasil Search?

Pertanyaan di atas terdengar bodoh di era saat ini dimana lebih dari 70 persen orang mencari informasi produk melalui search engine. Semua pemilik produk/brand berlomba-lomba untuk menenggerkan informasi produknya pada halaman pertama hasil pencarian search engine, kalau bisa urutan pertama.

Namun banyak yang lupa untuk menanyakan pada diri mereka sendiri, “mengapa harus muncul di halaman pertama hasil search?”— karena sebagian besar menjadikan “muncul di urutan pertama hasil search” sebagai tujuan akhir.

Padahal sebenarnya, muncul di halaman pertama hasil search barulah langkah awal. Malah sebenarnya, esensi yang sejatinya bukan itu. Strategi optimasi search engine seharusnya melebihi urusan muncul di halaman berapa. Strategi ini—termasuk semua strategi online marketing yang lain—seharusnya langsung berkaitan dengan bisnis.

Bagaimana dampak SEO terhadap bisnis? Pemilik brand yang lebih cerdas akan mulai mempertanyakan hal ini. Mengapa saya harus muncul di halaman pertama hasil search? Apa efeknya pada bisnis? Tidak banyak yang bisa menjawab pertanyaan strategis ini.

Menurut @nukman, muncul di halaman pertama hasil search barulah menjawab tahapan pertama, yaitu tentang visibilitas (visibility). Di tengah banyaknya hasil search di rimba Google, tentu saja kemungkinan terlihat oleh potential customer jauh lebih besar apabila kita muncul di halaman pertama. Tetapi itu belum menjawab persoalan kedua, yaitu clickability (seberapa besar kemungkinan kita diklik).

Klik sangat tergantung dari relevansi terhadap si pencari. Dalam hal ini menurut @nukman, copywriting sangat berpengaruh. Membuat copywriting yang menarik untuk diklik adalah tantangan pemilik brand/produk setelah berhasil menenggerkan situs webnya di halaman pertama, atau setidaknya halaman dua atau tiga. Setelah halaman tiga, sangat kecil kemungkinannya untuk visible.

Tantangan ketiga setelah berhasil membuat si pencari melakukan klik dan mendarat pada landing page, adalah menghasilkan suatu konversi dari kunjungan tersebut. Pada teori online marketing ecosystem diungkapkan bahwa ketika user masuk dari organic search, berarti dia sudah masuk tahap Favorability. (lihat gambar)



Tahapan selanjutnya dari tahap ini adalah Purchase Intent (yang seharusnya terjadi di landing page). Landing page yang baik harus bisa mengkonversi pengunjung menjadi pembeli, atau setidaknya menciptakan keinginan untuk membeli. Dengan begitulah SEO dapat menjawab pertanyaan strategis bisnis. Dengan begitulah baru SEO memberikan dampak langsung pada bisnis.


~ Meisia Chandra

Tidak ada komentar:

Travel & Tours

eHaji.com

Entri Populer